Pages

Kamis, 09 Februari 2012

Pertolongan Pada Tombak Raja

Sedih  kalau tanaman kita ada yang kena penyakit atau hama. Kali ini kejadian sama pohon tombak raja yang ada di rumah.
Ceritanya dulu pas beli  udah tau ada bintik-bintik di daunnya.Pas kita tanya sama si penjual, dia bilang it's ok  kaya gitu mah, kena air juga ilang. Berhubung dulu buta tanaman, jadilah itu pohon kita beli.
Jalan sekitar 4 bulanan, kok ya tambah parah bintik-bintiknya, semua daun kena bintik-bintik. Akhirnya yakinlah kita kalo bintik-bintik itu adalah penyakit. #kalo bintik-bintik merah, kita yakin taneman kita kena DBD. 
Kesel buangeeet sama si penjual sialan itu. Daun-daunnya jadi kuning. Tombak raja daunnya kan keras, tajam di ujungnya, dibersihin pun susah banget, yang ada malah kulit kita ketusuk-tusuk.
Waktu kita panggil tukang tanaman keliling buat ngasih pupuk taman dirumah, kita sudah tanya gimana solusi biar penyakit di tombak raja itu kelar. Dia bilang mesti dibersihin semua penyakitnya, di kerok pake pisau atau apa gitu, jadi nanti daun yang baru bisa sehat kalo semua penyakitnya sudah dibersihin.
Usulan mamang tanaman keliling sudah kita lakuin, pake sapu lidi malah kita kosek itu pohon. Hasilnya? enggak ada hasil, sudah terlalu kuat hamanya nempel.
Akhirnya, kita balik lagi ke tempat kita beli dulu, konsultasi gimana caranya ngilangin si penyakit tadi.  Jadi kita disaranin buat memangkas habis daunnya, terus di semprot obat anti hama. Mudah-mudahan daun-daun yang baru nanti sembuh. lha kok masih mudah-mudahan ya?
Tapiiiii pasti ya lamaaaaa banget numbuh daun lagi. secara daunnya keras gitu, ato malah jangan-jangan enggak tumbuh. Karena kuatir enggak numbuh  daun lagi  akhirnya suami mangkas daunnya disisain sedikit yang bagian ujung (daun yang paling muda).
Bagian daun yang paling muda itu juga sudah terserang hama. tapi masih gampang buat di ilangin hamanya. Batangnya pun kita gosok pakai sikat biar sisa-sisa penyakit yang mungkin masih nempel itu pada ilang.

Kasian jadi kaya garpu itu taneman sekarang, Tapi kan buat kebaikan dia juga. Jangan sampai temen-temennya ketularan deh ya..

1 komentar:

  1. selanjutnya bagaimana?
    BErcak kuning tsb bisa dihilangkan?

    BalasHapus