Pages

Selasa, 06 Desember 2011

Menanam Pandan

PANDAN. Sepele, tapi jadi tanaman kesayangan di rumah kita. Paling disayang soalnya susah dicari di sekitar rumah, di penjual bunga juga enggak jual tanaman pandan wangi ini. Padahal menurut aku pandan itu must have item taneman lho. Biar tambah maknyus kalau bikin kolak atau kue.
Beruntung dulu di rumah kontrakan kita ada tetangga yang punya tanaman ini. Dasarnya  enggak punya malu, mintalah aku ke  tetangga yang baik hati itu. Eh, dikasih dong sekalian pot nya juga. Memang rejeki.
Tiap hari kita siram, di kasih panas matahari yang cukup, eh malah kurus jadinya si pandan ini. tapi kita enggak gentar merawat si pandan ini, telaten aja di siram, di ganti pot yang lebih besar. Alhamdulillah dia jadi gendut lagi, seger lagi. Mungkin dulu sempat sekarat karena masih penyesuaian diri kali ya?

Pandan kesayangan
Yeyy..dia beranak
Sudah hampir 5 bulan pandan ini kita rawat, sekarang sudah muncul tunasnya. Gampang kok merawat pandan ini, disiram cukup air sama di taruh di tempat yang cukup sinar matahari aja. *Plus cinta kasih tentunya :p
Ternyata selain buat masak memasak, pandan ini juga bermanfaat untuk obat herbal lho. Buat lebih jelasnya bisa baca sendiri disini. Yuk tanam pandan di rumah kita.

6 komentar:

  1. pandan wangi, tanaman kesayangan? ckckckck :)

    BalasHapus
  2. iya, motornya mas deny juga gak boleh nyerempet si pandan ini. kalo lagi dinas, harus saling mengingatkan biar disiram, potnya pun di lap-in lho.....hihihihihihi

    BalasHapus
  3. Baca ini jadi kepengen nanam pandan juga. Tapi mikir2 dulu mo ditaro di mana, secara tu halaman ukurannya mini, udah banyak pot bunga pulak di situ :D

    BalasHapus
  4. @Mba Allysa
    Enggak apa mba, disempilin aja pandannya. kan enggak makan banyak space, banyak manfaatnya lho

    BalasHapus
  5. Saya punya tanaman pandan wangi.. sebelumnya tumbuh subur ketika masih ditanam di tanah. Krn tanah mau dipake jadi pandan wangi , 2 mggu yg lalu saya pindahkan di pot besar. Namun malah kering dan seperti mati gitu. Padal tiap pagi dan sore sdh disiram dgn air dan media tanah nya sdh dikasih pupuk. Kira2 yg menyebabkan apa ya?

    BalasHapus
  6. Kirain kalo amatir ga bs bikin hidup tanaman... ternyata cm disiram aja Ntr tumbuh y...

    BalasHapus