Pages

Rabu, 14 Desember 2011

Berbagai Gaya Dalam Belanja


Pergi ke supermarket selalu menyenangkan. Mau belanja bulanan yang jumlahnya banyak sampai sekedar beli biscuit yang harganya enggak sampai Rp.10.000. Apalagi supermarket yang deket rumah harga telurnya selalu lebih murah di banding tempat lain.  Pastinya kalau kepengen dapat predikat istri yang baik harus sering  absen ke Mesin kasir supermarket teridola ini. Hehehe, maaf itu hanya pembenaran saja. 

Ada kecenderungan kalau belanja di supermarket itu jadi lupa diri,  semua pengen di masukkan keranjang belanja. Pas sampai di Mesin kasir sudah sekian rupiah saja yang harus di bayar.  Bukan alasan juga sekarang kalau bawa cash cuma sedikit enggak bisa belanja di supermarket, ada fasilitas kartu debit ataupun kartu kredit yang tinggal “gesek” saja langsung dengan mulus belanjaan kita tenteng ke rumah.

Aku punya pengalaman menarik waktu belanja bareng teman-teman di supermarket  yang paling besar di Malang, sekitar tahun 2005. Waktu itu supermarket yang paling besar ya cuma  yang ada di Malang Town Square itu.
Kita belanja pakai trolley yang sukses di penuhi aneka snack, coklat,  buah sama segala macam softdrink dan susu cair. Sambil ber haha-hihi layaknya ABG labil yang enggak peduli kalo di supermarket itu banyak orang, kita berisik aja kaya di terminal. 

Sudah puas puterin setiap penjuru supermarket, kita antri di Kasir sambil bercanda sana sini. Pas si mbak kasir baru mulai ambil barang kita buat di hitung di Mesin kasir, salah satu teman sudah nyeletuk kalau total belanjaan kita sekian ratus ribu.

Yang tadinya kita super berisik langsung khusuk nanya ke teman kita kok dia tau sedetail itu sih? Kan di supermarket itu belum ada fasilitas mesin barcode, yang bisa ngecek sendiri harga barang di sana. Dia jawab dengan santai, “iya itu kebiasaan mamaku kalau belanja apa-apa dihitung dalam hati”. Kitapun Cuma bisa ber “oooooo” ria.

Hebatnya lagi setelah semua belanjaan di hitung di Mesin kasir, jumlah yang tertera itu sama persis yang di terawang teman kita tadi.  Beda pembulatan angka yang pastinya ya. Dan aku langsung paham saat itu juga bahwa ada juga tipe orang yang belanja model seperti ini. 

Sampai sekarang kalau aku coba praktekkan cara si teman tadi, hasilnya pasti gagal total. Ambil Shampo X harga Rp.23.000 ditambah ini deterjen Y harga Rp.20.000 sama dengan Rp.43.000. Begitu lihat rak buah diskon, langsung buyar deh itungan tadi. Buat aku, belanja itu untuk dinikmati. Biar mbak kasir aja yang menghitung totalnya. Tapi harus tetap cermat saat di kasir

"Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Cerita unik Belanja di BloggerPemula.Com“

4 komentar:

  1. pedagang tradisional kadan soal hitung menghitung lebih cepat daari kalkulator lho mbak

    BalasHapus
  2. Kalo aku soal ngitung-ngitung ini, kuserahkan pada suamiku, mbak, dia jago banget berhitung kek gini.

    Contohnya ya kalo kami ke pasar tradisional, trus beli ikan patin 5 ekor, ikan mujair 6 ekor, sama ikan gurami 3 ekor, setelah itu karena belinya sama penjual yang timbangannya cuma paling berat 2kg itu jadinya kan musti ditimbang berulang-ulang tuh, tar masing-masing jenis ikan dihitung totalnya berapa trus baru dikalikan sama harga sekilonya. Dan tau gak, suamiku selalu bisa ngitung secara tepat! Ampuuunn...

    Kalo aku mampus deh, mo ngitungin berapa kilo-nya aja aku udah pusing apalagi kalo setelah itu mo dikalikan sama harganya, tambah puyeng lah aku :D

    BalasHapus
  3. siapa tuh yang ngitung pake terawangan? ahahaha :))

    BalasHapus
  4. @Citrosblog : iya mas, kalo pedagang itu memang hebat ya itung-itungannya, tapi kita juga mesti ikut ngitung lo..

    @mba Alisa :ih mba romantis ya, ke pasar juga bareng suami. kompak, suaminya pinter ngitung belanjaan, mba alisa nya pinter masak.Cucok.

    @Jeng Ella : temen saya jeng, hebat euy,,,

    BalasHapus