Pages

Senin, 24 Oktober 2011

Belajar Bahasa Sunda

Kejadian 1 
Sopir angkot : "Neng, tabuh sabaraha...."
*enggak pake tanda baca karena si eneng juga enggak tahu ini bapak nanya ato ngasih tau ato kasarnya si eneng enggak tau bapak ini ngomong apa
Eneng           : "Metro pak."
*Si eneng ngira-ngira aja, biasanya sopir angkot kalo ngajak ngomong penumpangnya palingan juga tanya turun dimana.
Sopir angkot : "Jam berapa neng?"
*ngebatin kali dia ya eneng ini bolot amat.
Eneng           : "ooooo...jam tiga pak"

Kejadian 2
Ibu setengah baya :"Neng....blupblupblawbllupblewblawblaw, calig blawblewbluw"
Eneng                   :"...................." 
*sambil ngangkat alis senyum-senyum kemayu, muka bego. 
Ibu setengah baya :"boleh ibu duduk sini neng, enengnya duduk enggak?"
Eneng                   : "oooooo....boleh-boleh bu, mangga duduk aja"

Kejadian 3
Eneng    : "Mang beli jahe, yang ini seadanya"
mamang : "blewbluwblewblow........."
*si eneng bisikin temennya "kamu tau ga artinya apa?"si temen juga geleng-geleng, lha wong diana javanese juga.
Eneng     : "hehehe, mang gak tau artinya.."
Mamang : "Jahe lagi mahal neng, 4 ribu segini. mamang sampe malu jualnya. enggak apa-apa?"
Eneng     : "iya enggak apa mang"

Kejadian 4
*Ibu-ibu di swalayan, jalan ke arah eneng sambil nunjuk-nunjuk barcode yang nempel di tiker
Ibu :" blowblewbluwbluw......"
Eneng : "yang ini 50 rebu bu" jawab si eneng yakin.
*Si ibu ngeloyor sambil tanya lagi ke pengunjung laen. Salah lagi ya eik bok?

Udah 2.5 tahun di sunda kok ya belum bisa berbahasa sunda dengan baik dan benar sih neng?*wuiiih...ngebahasain dirinya eneng, biar keliatan masih mudanya gitu ya neng? Bisa si bahasa sunda, tapi per kata aja. kalo udah orang ngomong panjang lebar teteup urang mah nteu bisa. padahal udah sering nanya-nanya temen kantor kalo ini artinya apa, itu artinya apa. terus udah belajar juga melafalkan kosakata sunda. Misal nih,belajar ngomong kata Cicaheum---lidah jawa kan jadi cicahem, cibereum---lidah jawa jadi ciberem, seblak pake Q---lidah jawa jadi seblak pake G. hihihiihi, syusyee.
Alhamdulillah Hyah, udah banyak kosakata yang hapal. Tinggal praktekin di conversation aja. Belum PD tapi kalo mu ngobrol bahasa sunda, Tar sunda aksen jawa yang ada malah. Pengen banget bisa bahasa sunda lancar plus aksen-aksen nya juga sunda pisan gitu.Doakan kami ya.


5 komentar:

  1. ah, baru 2,5 tahun. Bapak saya udah 50 th lebih di daerah bandung, tapi sampe skr ngomongnya tetep medok jawa .. :D

    BalasHapus
  2. @teh Dey
    tetep semangat belajar bahasa sunda..muhun...muhun.

    BalasHapus
  3. sama mba... aq juga cengok kalo diajakin bahasa sunda sama nenek mertua.. yang ada mama mertuaku jadi translator.. maklum aq dari palembang, suami dari sunda :)

    BalasHapus
  4. toss dulu ah, cuma kalo tika enggak medok kan tapi.hehehee

    BalasHapus