Pages

Selasa, 07 Januari 2014

Sambang ke makam sang proklamator


Alhamdulillah kemaren dikasih rejeki mudik, balas dendam lebaran enggak mudik. Salah sendiri ye, yang sok-sokan gak mau mudik trus manggil kluarga besar lebaran di bandung. Kapok mamih lebaran enggak mudik. soalnya keluarga besar pas hari H lebaran, sorenya sudah pada balik ke jatim. sisanya sepi hati ini, sesepi komplek yang lagi pada ditinggalin mudik.

Pas di rumah mertua, sama ibu mertua diajakin jalan-jalan ke kota blitar. pas ditanya "nduk, sudah pernah ke makam bung karno?" saya PD aja jawab, "sudah bu, pas......SD" yang mana artinya itu sekitar 17 tahun yang lalu. ya sutralah, kita berangkat dari kediri ke kota blitar

Sampai di area makam Bung karno, saya kaget. ternyata sekarang sudah bagus banget tempatnya. beda sama 17 tahun yang lalu. yaiyalah, menurut L. Alhamdulillah cuaca pas itu lagi cerah.*olesin sun block*

Bangunan pintu masuk di depan  area makam ini dibuat ala ala bangunan minimalis gitu. bagus deh. Di dalamnya ada patung gede sang proklamator. Disini kita bisa lihat foto-foto sama beberapa benda bersejarah dari Bung Karno, ada juga perpustakaannya. tapi kita enggak masuk ke sana.
Pintu Masuk ke Makam Bung karno.GRATIS
Foto ala turis ga boleh ketinggalan dong ya

Setelah puas muterin ruangan yang berisi dokumentasi bung karno, kita bakal ngleawatin area kolam ikan. tapi sayang kolam ikannya kotor, banyak sampah dari pengujung. Di dinding sebelah kanan dibentuk relief perjalanan sejarah detik-detik proklamasi. eh, tapi kok saya gak yakin ya. hehehehee...maap2 ya kalo salah reliefnya tadi nyritain apa.

ini bagus banget*orang gampang bahagia*

Dari kolam ikan tadi kita naik dan masuk lewat gapura yang mirip candi ini buat ziarah ke makamnya.

Blitar apa Bali ini teh?
Kebetulan pas itu kita bareng sama rombongan pengajian yang takziah di sekitar makam. Disamping makam bung karno ada makam dari kedua orang tuanya. Oia, disini juga disediain tempat buat kita kalau mau ngasih uang seiklhlasnya.
 
Bung Karno untuk Indonesia*buat yang ga kebaca itu tulisan apa diatas*
Kalau mau keluar dari area ini kita mesti nglewatin pasar cindera mata yang lumayan panjang. di luar kita disambut sama bapak-bapak tukang becak yang siap nganter kita ke parkiran kalau kebetulan dapet parkirnya di tempat yang jauh dari area makam Bung Karno.


Seneng bisa sempet ke Blitar pas mudik kemarin. Selain bisa kirim doa ke  bapak proklamator secara langsung, bisa juga mengingat peristiwa-peristiwa sejarah indonesia. apalagi gratis

Kalau mau beli souvenir yang lebih bagus kualitasnya, di sepanjang jalan yang menuju ke lokasi ini, berjejer-jejer toko-toko souvenir bagus-bagus.

Hayuk mampir Kota Blitar teman!

5 komentar:

  1. Saya yang orang Jawa Timur belom pernah juga ke Blitar. Eh Blitar Jawa Timur ya Mba?
    Btw itu kompleks pemakamannya bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas dani
      Walah mas, aku mbok yo ojok dipanggil mbak..isin aku.hihihihi, iya, blitar itu jawa timur.deket malang,kediri,sama tulungagung mas.

      Hapus
  2. waktu ke Blitar saya gak sempet ke makam bung Karno :D

    ciri khas tempat wisata di kita, ya. Pasar cinderamata ditempatin di deket pintu keluar. Biar pas pulang bisa belanja :D

    BalasHapus
  3. Mba Myra

    sayang banget ya mbak, sudah deket padahal.nanti sapa tau ada kesempayan buat blanja eh ziarah ke sini

    BalasHapus
  4. SD, 17 tahun yang laluuu? Oke, oke. 17 tahun yang lalu aku udah SMA loh. Yaampun dijeee, berapa umurmu, mbak...? LOL
    Seumur2, aku belum pernah ke jawa timur. Kasihan, ya. Kasihan, dong. Trus doain gitu, aku dikasih rejeki bisa jalan2 kesana... :)
    Btw, leh-olehnya manaaa....? :p

    BalasHapus