Pages

Jumat, 29 Juni 2012

Waktu yang menjawab

Dulu jaman masih gadis, waktu jalan-jalan sama kanjeng mami terus dia lihat tas atau sepatu yang mihil suka bingung tuh beli enggak beli enggak. berhubung ukuran kaki saya, kanjeng mami sama adik saya sama semua pasti dikompor-komporin sama kita, beli aja miiiii. Tapi kanjeng mami selalu bingung, mendadak galau gitu deh. Saya?boro-boro bisa beliin, wong masih kuliah kan uang saku juga dari ortu. Pas kerja pertama, taulah ya gaji Fresh Graduate itu berapa sih, masih belum mampu beliin yang mihil-mihil. Sampai sekarang juga belum mampu beliin barang mihil...

Kebanyakan sih akhirnya enggak beli itu barang-barang mihil. Mihil disini bukan sekelas tas Hermes asli yang harganya bisa buat beli 1 rumah second, tapi sepatu atau tas-tas diatas harga 500 ribu. Buat keluarga kita sudah mihil banget harga segitu. Waktu itu saya suka heran, kenapa sih enggak dibeli aja, toh enggak setiap tahun sekali. tapi kanjeng mami enggak pernah jawab kalau saya nanya gitu.

Sekarang saya tau jawabannya, cieeee waktu yang menjawab nih ceritanya..........

Contohnya pas beli Hape, Dulu jaman kuliah ada budget X rupiah dari ortu, ya X rupiah itu saya beli Hape keluaran paling gres, dengan fitur-fitur paling canggih di masanya. Padahal sama saya cuma buat telp sama sms aja,  sama buat denger musik juga sih, fitur lain nganggur. Yang penting kelihatan keren

Setelah kerja, ganti hape budget X rupiah dari hasil keringat sendiri. Tetep sih beli keluaran paling gres walau bukan Hape semihil jatah dari ortu dulu. 

Terus setelah nikah dan punya tanggungan KPR, ada budget X rupiah buat hape. Langsung meluncur ke BEC? oh, cencu tidak. tiap malam mikir kok sayang ya beli X rupiah buat Hape. Harga segitu mah bisa buat beli hape yang sudah bagus plus emas, lumayan lah dapat 4 ato 5 gram. Hape mihil entar juga jatuh harganya, mending X rupiah buat hape sama emas x ya.

Contoh seperti itu pernah  saya curhatin ke kanjeng mami, jawabannya singkat banget " yo ngono iku mbak, makane mama biyen enggak nuruti sampean tuku sepatu larang-larang. sudah beda pemikiran orang rumah tangga sama single". hihihihi, Walaupun saya juga masih sering khilaf belanja over budget, tapi tetep berusaha investasi sebanyak-banyaknya mumpung masih muda. Sedikit-sedikit lama lama jadi bukit.

BTW, ini sih sepertinya enggak berlaku ya buat kaum jutawan yang mau beli tas hermes asli pun tabungannya berasa enggak berkurang. 



2 komentar:

  1. Iyaaa...bener banget itu! Pemikirannya udah jauh beda antara dulu sama sekarang. Dulu waktu masih sama orang tua kita mikirnya, berapa sih uang segitu? Toh gaji orang tua juga segini. Sekarang baru ngerti deh kalo yang namanya gaji itu gak bisa dipake semua untuk belanja ini-itu. Kalo gak perlu mending duitnya diinvestasiin aja...

    Tapi syukurlah kita kalo masih bisa berubah pola pikirnya, jeng, soalnya banyak temen2 aku yang walo udah nikah, udah punya anak lebih dari dua, tetep aja pikirannya sama kayak duluuuu...gaji suami dipake utk belanja demi menuhin gayanya dia. Alhasil, tiap waktunya bayar uang sekolah anak jadi kelimpungan...aneh banget kan?

    BalasHapus
  2. @Mba Alissa
    enggak banget deh ya kalo kaya temen mba alisa, emang suaminya enggak marah gitu???temenku juga ada beli hape canggih tapi nyicil tiap bulan. berasa sayang banget kalo aku, tar di jual juga anjlok. Yang penting bisa menahan nafsu dan gengsi sih :p

    BalasHapus