Pages

Rabu, 18 April 2012

Manusia Mahkluk Sosial

House warming, open house, sampai dasawisma, apapun namanya menurut aku itu hal yang perlu dilakukan. Tujuannya buat menjaga Silaturahmi, mempererat pertemanan, persaudaraan dan pertetanggaan*yang terakhir maksa* Balik ke pelajaran SD, karena manusia itu dasarnya kan makhluk sosial yang harus bersosialisasi. Kebayang enggak sih kalau kita diem aja, enggak bersosialisasi, enggak mengenal lingkungan sekitar, asik sama diri sendiri. Maap-maap ya, menurutku enggak asik banget. Gini deh kita berinteraksi, mengenal dan berkumpul dengan orang lain itu pintu rejeki kita ikut terbuka lho. Misalkan kita punya dagangan, kalo kita punya banyak temen, otomatis kita bakalan lebih gampang kan nawarin dagangan kita.

Ngeblog juga termasuk salah satu bentuk sosialisasi manusia di jaman modern. Blogger dari ujung timur Indonesia, menjalin pertemanan dengan blogger-blogger lain dari timur sampai ujung barat Indonesia, sesekali meluangkan waktu untuk acara Kopdar. Tujuannya juga untuk mempererat pertemanan, berkumpul dan bertukar pikiran.

Ada juga yang namanya arisan keluarga. Biasanya diadakan sama keluarga besar buat menjalin silaturahmi, saling kumpul biar enggak "kepaten obor" kata orang jawa. Di keluarga besar suami arisan keluarga ini diadakan tiap 3 bulan sekali. Acaranya biasa aja, ngobrol, rencanain ini itu,  arisan, pembagian buku silsilah keluarga, makan-makan, sama yang paling enggak boleh ketinggalan itu harus ada live music. Kalo udah acara live music dimulai, antriannya bisa panjang banget yang mau nyengnyong.





Berkumpul dan bersosialisasi yang sewajarnya itu bakal membawa banyak manfaat positifnya kok.

1 komentar:

  1. Bener tuh kalimat terakhir, asal dilakonin sewajarnya maka akan terasa manfaat positifnya. Yang gak enak kalo sosialisasi menjadi semacam kewajiban yang banyak sekali tuntutannya..duh kalo udah kayak gitu capek deh rasanya. Bagaimanapun, seperlu-perlunya kita bersosialisasi tetap masih butuh juga untuk sendiri..

    BalasHapus